Minggu, 13 Agustus 2017

5 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Yang Paling Mudah

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu - Emas merupakan salah investasi yang sangat menguntungkan saat ini karena harga emas selalu berubah menjadi lebih mahal. Untuk Anda yang ingin berinvestasi dengan emas maka wajib hukumnya untuk mengetahui bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu. Sekarang ini emas asli dan palsu sudah banyak beredar di pasaran, terutama di Indonesia. Banyak orang yang dengan sengaja memalsukan emas untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti ketika akan membeli emas agar tidak salah membeli emas yang palsu.


emas asli jika dibakar,cara membedakan emas dan tembaga,cara membedakan emas putih dan perak,cara membedakan emas 24 karat dan 22 karat,ciri ciri emas batangan soekarno yang asli,

Baca juga: 10 Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu Yang Paling Mudah

Ada Banyak Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Berikut Beberapa Cara yang Paling Mudah Untuk Mengetahui Emas QAsli dan Palsu

1. Dilihat dari ciri fisiknya

Cara membedakan emas asli dan palsu yang pertama yaitu dengan melihat ciri fisiknya. Biasanya emas yang asli terdapat tanda cap atau tulisan yang menandakan kadar dari emas tersebut. Cara membedakan emas asli dengan kuningan bisa dilakukan dengan cara ini karena cara ini adalah cara yang paling mudah. Untuk melihat tulisan kadar emas diperlukan kaca pembesar karena biasanya tulisannya sangat kecil dan terdapat pada bagian yang tersembunyi. Selain itu, pada emas batangan pun akan terdapat kadar keemasannya dengan tulisan yang lebih besar dibandingkan yang terdapat pada emas yang sudah berbentuk perhiasan.

2. Menggigit emas

Cara membedakan emas asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan cara menggigit emas. Menggigit emas untuk mengetesnya bisa dilakukan, tapi dengan risiko gigi menjadi rusak dan emas yang Anda gigit juga mempunyai bekas gigitan. Cara membedakan emas asli dan palsu dengan cara menggigit ini memang sangat efektif karena Anda bisa langsung melihat apakah emas tersebut asli atau tidak. Emas yang asli jika digigit akan meninggalkan bekas gigitan sedangkan emas palsu tidak akan ada bekas gigitannya.


3. Uji Kemagnetan

Cara membedakan emas asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan cara menguji kandungan magnet yang ada di dalam emas. Uji kemagnetan merupakan salah satu cara membuktikan emas asli yang cukup kurang efektif. Emas tidak mempunyai kandungan logam yang banyak sehingga jika didekatkan dengan magnet tidak akan langsung tertarik. Jika emas yang Anda miliki tertarik magnet, maka bisa dipastikan bahwa emas tersebut palsu. Namun uji magnet ini bukan uji yang paling disarankan.

4. Menggoreskan emas dengan kertas atau keramik

Cara membedakan emas asli dan palsu juga bisa dengan cara menggoreskan emas pada kertas atau keramik. Namun sayangnya, cara ini cukup berisiko emas akan tergores. Cara membedakan emas asli dan palsu dengan cara ini cukup mudah, yaitu Anda tinggal menggoreskan emas pada kertas atau lantai keramik. Jika pada kertas atau lantai terdapat noda hitam maka bisa dipastikan jika emas tersebut adalah emas palsu. Kertas yang digunakan tidak harus kertas yang bagus.

5. Tes keasaman dengan nitric acid

Cara membedakan emas asli dan palsu yang terakhir yaitu dengan menggunakan tes keasaman. Tes keasaman ini dilakukan dengan menggunakan bantuan nitric acid yang merupakan senyawa kimia yang cukup berbahaya. Jika Anda ingin menggunakan cara membedakan emas asli dan palsu dengan tes asam, pastikan menggunakan sarung tangan. Untuk melakukan tes ini bisa dilakukan dalam wadah kaca yang sudah diisi cairan nitric acid kemudian masukkan emas yang akan dites. Jika emas yang Anda miliki adalah asli, maka tidak akan terjadi reaksi sedikit pun pada cairan. Namun jika warna berubah ada indikasi bahwa emas Anda hanya logam biasa yang dilapisi dengan emas.

Anda bisa menggunakan salah satu cara membedakan emas asli dan palsu di atas. Salah satu cara di atas merupakan cara yang paling mudah untuk membedakan mana emas yang palsu dan yang asli. Mengenali perbedaan emas asli dan palsu ini memang agak sulit dilakukan jika Anda masih awal dalam membeli emas. Namun jika Anda sudah terbiasa mengenali emas asli dan palsu maka akan mudah melihat perbedaannya. Sebagai konsumen yang baik, maka Anda harus tetap teliti dan jeli dalam membeli barang termasuk emas. Ikuti cara membedakan emas asli dan palsu di atas agar Anda tidak tertipu dengan emas yang palsu.