Minggu, 13 Agustus 2017

4 Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi yang Penting

Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi - Mengenal perbedaan surat resmi dan surat pribadi sangat penting untuk Anda lakukan. Surat sendiri merupakan salah satu sarana komunikasi yang masih banyak digunakan sampai saat ini. Untuk isi surat, umumnya adalah informasi mengenai pihak tertentu yang ditujukan kepada pihak lain. Fungsi surat sendiri ada banyak yaitu pemberitahuan, pengingat, permintaan, bukti, pedoman kerja dan lain sebagainya. Ada beberapa perbedaan surat resmi dan surat pribadi yang penting untuk Anda ketahui. Surat resmi dan surat pribadi memang tidak boleh disamakan penggunaannya. Pasalnya surat resmi digunakan untuk hal-hal penting dan bersifat formal.

persamaan surat resmi dan surat pribadi,perbedaan surat resmi dan surat tidak resmi,perbedaan surat dinas dan surat pribadi,perbedaan pengumuman dengan surat edaran,

Baca juga: 4 Perbedaan TV LCD dan LED Serta Perbandingannya

Inilah Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi

Surat resmi adalah surat yang bersifat formal dan digunakan untuk keperluan resmi. Baik itu adalah keperluan perseorangan, instansi ataupun organisasi yang besar dan tujuannya adalah resmi. Oleh sebab itu surat resmi tidak boleh disamakan dengan surat pribadi, terutama untuk keperluan yang resmi. Perbedaan surat resmi dan surat pribadi cukup banyak, hanya dengan membaca isinya biasanya Anda dapat membedakannya. Bahasa yang digunakan dalam membuat kedua surat tersebut berbeda. Seperti yang sudah disebutkan, surat resmi ditujukan untuk keperluan resmi sehingga menggunakan bahasa formal atau baku. 

Sementara surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan atau keperluan pribadi yang tujuannya tidak resmi. Bahasa yang digunakan dalam membuat surat pribadi tidak ditentukan oleh apapun, tergantung sang pengirim surat. Contoh surat resmi yaitu surat pemberitahuan orang tua siswa mengenai perihal tertentu. Sementara contoh surat pribadi yaitu surat yang ditujukan untuk orang tua, teman atau keluarga. Sebelum mengetahui perbedaan surat resmi dan surat pribadi, ketahui bagian surat resmi. 

Berikut Adalah Bagian Bagian Dari Surat Resmi

1. Kop surat

Kop surat umumnya berupa nama lembaga atau instansi yang ditulis dengan huruf kapital. Dilengkapi juga dengan alamat dan logo dari lembaga atau instansi tersebut.

2. Nomor surat

Nomor surat yaitu nomor urutan surat ketika dikeluarkan.

3. Lampiran

Bagian-bagian surat pribadi berbeda dengan bagian-bagian surat resmi, dalam surat resmi terdapat pula lampiran. Lampiran dalam surat resmi yaitu lembaran mengenai perihal lain yang mendukung surat tersebut.


4. Perihal atau hal

Berupa isi surat secara garis besar atau inti dari surat tersebut.

5. Tanggal surat

Perbedaan surat resmi dan surat pribadi dapat dilihat dari bagian-bagiannya. Dalam surat resmi harus ada tanggal penulisan surat tersebut serta harus berada di pojok kanan atas.

6. Alamat yang dituju

Untuk alamat yang dituju tidak perlu menggunakan kata “Kepada” pada surat resmi.

7. Salam pembuka

Salam pembuka ini diakhiri dengan tanda baca koma (,). Perbedaan surat resmi dan surat pribadi juga dapat dilihat dari bagaimana cara menulis surat itu sendiri.

8. Pembuka

Bagian surat resmi berikutnya yaitu pembuka, isi surat lalu dilanjutkan dengan penutup. Untuk penutup biasanya berisi salam penutup, jabatan pengirim surat dan juga nama terang serta tanda tangannya.
Dari uraian tersebut dapat dilihat apa saja perbedaan surat resmi dan surat pribadi.

Perbedaan Antara Surat Resmi dan Surat Pribadi

1. Bahasa

Dalam menulis surat resmi harus menggunakan bahasa yang baku, sementara dalam menulis surat pribadi dapat menggunakan bahasa yang tidak harus baku. Bahkan dalam menulis surat pribadi tidak harus menggunakan bahasa Indonesia, dapat menggunakan bahasa daerah. Itulah perbedaan surat resmi dan surat pribadi yang paling utama.

2. Pengirim dan penerima

Perbedaan berikutnya yaitu pengirim ataupun penerima surat resmi umumnya adalah instansi atau lembaga tertentu. Dapat pula perorangan yang memiliki keperluan resmi sehingga harus mengirim surat resmi. Sementara pengirim atau penerima surat resmi umumnya adalah keluarga atau teman.

3. Kop surat

Perbedaan surat resmi dan surat pribadi selanjutnya yaitu pada surat resmi harus menggunakan kop surat. Sedangkan surat pribadi tidak menggunakan kop atau kepala surat karena sifatnya yang tidak formal.

4. Nomor surat

Pada surat resmi terdapat nomor surat dikeluarkan dan pada surat pribadi tidak ada nomor surat. Selain nomor, perbedaan surat resmi dan surat pribadi lainnya yaitu perihal dan lampiran. Yang mana pada surat resmi terdapat perihal dan juga lampiran sedangkan surat pribadi tidak ada.

Itulah perbedaan antara surat resmi dan juga surat pribadi yang dapat Anda ketahui. Jika Anda ingin menulis surat untuk keluarga atau teman, Anda dapat menggunakan surat pribadi. Namun jika Anda ingin menulis surat pada instansi atau lembaga atau perorangan yang sifatnya resmi maka gunakan surat resmi. Demikian yang dapat disampaikan mengenai perbedaan surat resmi dan surat pribadi.